profill msdc unhas


PROFIL

MARINE SCIENCE DIVING CLUB

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Justru Dilaut Kita Jaya

Semboyan MSDC tersebut merupakan salah satu pendororng dalam meningkatkan profesionalisme anggota dan organisasi selam ini. Baik dalam penelitian olahraga dan keilmuan. MSDC-UH (Marine Science Diving Club Universitas Hasanuddin) adalah klub selam yang didirikan pada tangal 28 juli 1990 di Makassar dan dibesarkan oleh mahasiswa fakultas Ilmu dan Teknologi Kelautan Universitas Hasanuddin. Pendiriannya dilatar belakangi oleh kesadaran untuk mengembangkan kelautan Indodnesia. Dimana Indonesia merupakan Negara lautan yang ditaburi oleh pulau-pulau, yang secara geografis 2/3 luasnya terdiri dari lautan. Potensi sumberdaya laut yang sangat besar dengan keindahan alam bawah lautnya yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa maka sebagai mahluk bumi sudah sepantasnya untuk menjaga dan melestarikan karunia tersebut.

Tujuan MSDC

Berdasarkan latar belakang pendiriannya maka telah diktuip sebuah tujuan dan merupakan arah dari organisasi ini yaitu untuk mengembangkan profesionalisme di bidang kelautan dengan berusaha mengembangkan Sumber daya Manusia yang cakap dan terlatih dalam pengembangan bidang kelautan, dengan melakukan kegiatan riset/penelitian, pelatihan dan olahraga juga ikut serta dalam pengembagan wilayah pesisir di Indonesia pada umunya dan terkhusus di Sulawesi.

VISI

Didalam pergerakannya sebagai organisasi mahasiswa yang fokusnya pada isu lingkungan laut dan pesisir dan peningkatan sumberdaya manusia dalam bidang selam, MSDC mendasarkan aktivitasnya pada visi :

“Pengembangan selam dan terciptanya sumberdaya selam yang berwawasan lingkungan”.

Struktur Organisasi

MSDC-UH memiliki struktur organisasi yang terdiri dari seorang Ketua Umum, seorang Sekretaris Umum, dan Bendahara. Dengan 6 divisi yaitu : Divisi Penelitian dan pengembangan, Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Pendidikan dan Latihan, Divisi Kesekretariatan, Divisi Pengadaan dan Perawatan Alat, dan Divisi Pendanaan. Sebagai organisasi yang mempunyai induk organisasi, MSDC-UH berada dibawah Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengda POSSI) Sulawesi Selatan.

Sumberdaya Anggota

Anggota MSDC-UH berasal dari mahasiswa Universitas Hasanuddin. Sampai sekarang anggota MSDC-UH berjumlah 205 orang dengan jenjang sertifikasi selam yang bervariasi, yaitu sebagai berikut :

· Instruktur 1 Orang

· Dive Master 17 Orang

· Scuba Diver 1 (A3) 29 Orang

· Scuba Diver 2 (A2) 32 Orang

· Scuba Diver 3 (A1) 126 Orang

Dari keseluruhan anggota tersebut 60% telah mengikuti pelatihan metodologi Penelitian Terumbu Karang (MPTK) dan 25 % telah mengikuti pelatihan Kepramuwisataan Diver , serta 15% telah mampu menilai kondisi terumbu karang dengan metode Reef Check.

Kegiatan

Kegiatan MSDC-UH yang telah dilakukan selama ini terutama masih berdasarkan pada Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat). Manifestasi dilakukan dalam bentuk usaha peningkatan sumberdaya anggota lewat pelatihan-pelatihan, penelitian maupun penyadaran masyarakat tentang kegiatan penyelaman yang aman serta bentuk kegiatan konservasi lingkungan laut.

Selanjutnya sebagai penjewantahannya dengan mengadakan monitoring terumbu karang, seminar hiperbarik, Penyuluhan pada Masyarakat, dan mengikuti kegiatan-kegiatan pariwisata, khususnya pariwisata bahari.

Kegiatan dalam bentuk kerjasama yang dilakukan MSDC-UH diantaranya adalah :

Ø Bekerjasama BPPT dan Forum Masyarakat Kelautan Indonesia (FMKI) pada kegiatan Selam Lintas Nusa dan Selam Ekslusif.

Ø Bersama LANTAMAL IV dalam bidang kegiatan olahraga selam.

Ø Bersama P3O LIPI, YASINDO pada kegiatan Pelatihan Selam dan Metodologi Penilaian Terumbu Karang (MPTK)

Ø Bersama Dinas Pariwisata TK. I Sul-Sel pada kegiatan pelatihan Kepramuwisataan untuk Diver dan Pembuatan Film Dokumenter Pulau Kapoposang.

Ø Bersama BAPEDAL Wilayah Timur pada kegiatan Pelatihan Scuba Diver.

Ø Bersama Senat Mahasiswa F. Ilmu dan Teknologi Kelautan UNHAS mengadakan program laut bersih (POLUSI) tiap tahun.

Ø Bersama Pengda POSSI Sul-Sel, pada kejuaraan Nasional Selam, memperoleh medali Emas.

Ø Bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengadakan inventarisasi Biota Laut dan Pelatihan Selam.

Ø Bersama WWF Wallacea dalam angka kegiatan Lokakarya Kelautan dan Monitoring Terumbu Karang Taka Bonerate.

Ø Bersama POSTERI, SIMPUL V LIPI, mengadakan Pantai Bersih di pulau Barrang Lompo.

Ø Bersama WWF Wallacea mengadakan pelatihan Selam dan pengenalan Biota Laut.

Ø Bersama PPLH dalam keegiatan ReefCheck di pulau Potondo Takalar.

Ø Bersama dengan Jurusan Ilmu Kelautan UNHAS dalam kegiatan pengenalan Ekosistem Laut Untuk SMU se kota Makassar.

Ø Bersama WWF Wallacea mengadaan ReefCheck di kepualauan Spermonde.

Ø Bersama WWF Wallacea mengadakan ReefCheck di Taman Nasional Laut Taka Bonerate.

Ø Bersama COREMAP mengadakan Diklat Selam dan Metode Penilaian Terumbu Karang se- Sulawesi Selatan.

Ø Bersama LIPI dan Pusat Studi Terumbu Karang Universitas Hasanuddin (PSTK-UH) mengadakan Pelatihan Selam dan Metode Penilaian Terumbu Karang.

Ø Bersama BAPEDAL REGIONAL III Sulawesi dan Maluku melaksanakan ARTIFICIAL REEF di Pulau Samalona.

Ø Bersama Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kelautan UNHAS melakukan kegiatan Program Bersih Perairan Barrang Lompo Makassar.




“ Mungkin kami tidak hidup dari selam tetapi banyak arti hidup yang kami dapat dari selam